Jumat, 14 Agustus 2009

Toko Buku Online

Semua orang tahu bahwa buku adalah jendela pengetahuan. Tapi minat membaca semakin lama semakin berkurang. Hal ini disebabkan karena berbagai macam alasan, diantaranya rasa malas, harga buku yang semakin mahal, dan tidak adanya waktu untuk membeli buku. Karena sama seperti emas, buku juga merupakan benda yang berharga. Buku merupakan jendela dunia dan salah satu media yang sangat berperan penting dalam masa depan seseorang. Oleh sebab itu, jangan dianggap remeh peluang bisnis toko buku online ini.

Konsumen
Semua kalangan, baik anak sekolah, mahasiswa, karyawan, pengusaha baik tua maupun muda.

Bagaimana Memulai
Bisnis ini mudah dan murah, mengingat perkembangan zaman yang semakin maju dan gaya hidup masyarakat yang semakin berkembang. Pelanggan tidak perlu lagi repot-repot, mereka cukup bertransaksi melalui website dan buku yang diinginkan akan dikirim ke tempat tujuan, tetapi membutuhkan ketekunan dalam menjalankannya.
Peralatan yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop, jaringan internet, dan penerbit yang akan bekerja sama dalam pendistribusian buku-buku.

Strategi Pemasaran
Agar usaha ini dapat berkembang dengan baik, dapat dilakukan dengan melakukan strategi pemasaran dengan beriklan melalui media dan secara langsung. Media yang akan digunakan seperti melalui internet, pamflet, leaflet, brosur, dan mouth to mouth.

Hambatan
Dalam menjalankan sebuah bisnis pasti akan ada banyak hambatan, salah satunya adalah persaingan. Pada toko buku yang bersifat fisik, persaingan dapat dirasakan dengan adanya dominasi oleh toko buku besar, seperti Gramedia dan Gunung Agung. Selain itu, sekarang ini juga banyak sekali toko buku-toko buku online yang berlomba-lomba menawarkan buku dengan berbagai promosi.

Usaha utama dari bisnis ini adalah toko buku online. Namun dengan usaha yang seoptimal mungkin agar toko buku online ini bukan sekedar toko buku online biasa, melainkan dapat menjadi toko buku online yang menyediakan buku-buku yang lengkap, berkualitas namun dengan harga yang terjangkau. Dengan mengadakan Program diskon setiap bulannya, diharapkan dapat menarik minat pelanggan untuk membeli buku dengan harga yang murah. Pelanggan dapat menjadi member secara gratis dan akan mendapat berbagai macam kemudahan, antara lain informasi up to date mengenai buku-buku terbaru dan promosi-promosi yang sedang diadakan.

Analisis keuangan dan BEP
Fixed Cost
Peralatan (komputer + printer) Rp. 5.000.000
Perlengkapan (alat tulis & meja) Rp. 800.000
TOTAL Rp. 5.800.000

Variable Cost
Persediaan barang awal Rp. 8.500.000
Gaji 1 orang staff Rp. 1.000.000
Biaya listrik Rp. 150.000
Biaya telepon Rp. 100.000
Biaya pemasangan internet Rp. 450.000
Biaya internet Rp. 110.000
Biaya promosi Rp. 600.000
Biaya lain-lain Rp. 1.000.000
TOTAL Rp 11.910.000

Omset Per bulan Rp. 8.000.000
Laba per bulan Rp. 3.000.000
Analisis BEP 4-6 bulan


* tidak termasuk biaya dan ongkos kirim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar